Negara 4 Musim

by | Dec 29, 2021 | 0 comments

kreasa.id – Siapa yang tahu negara-negara mana saja yang memiliki empat musim? sesuai sebutannya negara-negara ini mengalami pergantian musim sebanyak 4 kali atau dua kali lebih banyak dari Indonesia. Kondisi inilah yang membuat alamnya menjadi unik dan memiliki daya tarik untuk dikunjungi saat berlibur atau berwisata.

Apakah yang membedakan musim di berbagai negara?

Dijelaskan dalam berbagai artikel bahwa perbedaan intensitas sinar matahari yang diterima bumi akibat gerakan semu matahari menyebabkan terjadinya perbedaan iklim dan akhirnya mempengaruhi musim yang dimiliki pada suatu wilayah.

Jadi musim dapat dipahami sebagai rentang waktu satu tahun yang dipengaruhi oleh iklim. Secara garis besar, iklim terbagi menjadi dua yaitu tropis dan subtropis.

Wilayah bumi yang memiliki iklim Subtropis lah yang mengalami 4 musim, yaitu musim dingin, musim semi, musim panas dan musim gugur. 

Musim Dingin adalah kondisi dimana hawanya sangat dingin dengan ciri-ciri turunnya salju atau es ke permukaan bumi. Di belahan bumi bagian Utara, musim dingin terjadi pada bulan November hingga Januari. Sedangkan di belahan bumi bagian Selatan musim dingin terjadi antara bulan Mei hingga Juli.

Musim Semi adalah musim dengan ciri utama adalah tumbuhnya vegetasi atau pepohonan baru setelah musim salju. Hawa musim semi terdiri dari 60% panas dan 40% dingin. Musim semi di belahan bumi Utara terjadi antara bulan Februari hingga April. Sedangkan di belahan bumi bagian Selatan terjadi antara bulan Agustus hingga Oktober.

Kemudian Musim Panas memiliki ciri utama adalah meningkatnya suhu menjadi sangat panas dengan pembagian 80% panas dan 20% dingin. Ciri lainnya adalah daun-daun pada tumbuhan mulai layu dan kering. Musim panas di bumi bagian Utara terjadi antara bulan Mei hingga Juli. Sedangkan di bumi bagian Selatan terjadi antara bulan November hingga Januari.

Sedangkan Musim Gugur memiliki ciri utama adalah daun-daun mulai layu, berguguran atau rontok. Hawa musim gugur terbagi menjadi 60% dingin dan 40% panas. Musim gugur yang terjadi di bumi bagian Utara terjadi antara bulan Agustus hingga Oktober. Sedangkan musim gugur yang terjadi di bumi bagian Selatan terjadi antara bulan Februari hingga April.

Musim ini tidak terjadi di Indonesia karena Indonesia memiliki Iklim Tropis. Contoh negara di Asia yang memiliki 4 musim antara lain Jepang, Korea dan Cina. Kemudian Rusia dan Kanada, serta negara-negara di Benua Eropa dan Amerika Serikat umumnya memiliki 4 musim yang dikenal dengan sebutan Winter (Musim Dingin), Spring (Musim Semi), Summer (Musim Panas) dan Autumn (Musim Gugur).

SHARE IT

You May Also Like

Gelombang Bunyi

Gelombang Bunyi

kreasa.id - Hai teman Kreasa, tahukah kamu bahwa suara yang kita dengar berasal dari sebuah gelombang? Ya, suara yang terdengar oleh telinga kita merupakan hasil daripada gelombang bunyi. Apa itu definisi bunyi? Bunyi adalah hasil dari getaran yang merambat di udara...

Pesawat Sederhana

Pesawat Sederhana

kreasa.id - Hai teman Kreasa, siapa yang peranh mendengar pesawat sederhana? apa yang teman-teman bayangkan? Pesawat ini bukanlah pesawat terbang ya, melainkan benda yang berhubungan dengan alat bantu manusia. Secara definisi, dikutip dari Kemendikbud, Pesawat...

Asal Usul Kertas

Asal Usul Kertas

kreasa.id - Kertas adalah salah satu bahan atau media yang banyak digunakan dalam berbagai produk dan aktivitas sehari-hari. Tapi tahukah teman-teman mengapa kita harus menghemat penggunaannya? Jika dilihat dari bahan dasar pembuatannya, kertas berasal dari serat...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.