Mengenal Radio

by | Sep 23, 2022 | 0 comments

kreasa.id – Siapa teman Kreasa di sini yang masih menyimpan radio di rumah?

Dulu sebelum ada TV dan internet seperti saat ini, radio merupakan satu-satunya media publikasi dimana masyarakat dapat mengetahui informasi atau berita yang terupdate pada saat itu.

Melalui radio juga masyarakat dapat mendengarkan lagu-lagu favorit yang sering diputar di stasiun-stasiun radio yang mengudara setiap harinya.

Yuk kenali lebih jauh tentang asal usul radio sehingga kita mengetahui perkembangan teknologi di masa yang lalu.

Definisi Radio

Radio adalah teknologi yang dipakai untuk mengirim sinyal menggunakan radiasi yang dihasilkan oleh gelombang elektromagnetik. 

Fungsi Radio adalah sebagai media massa yang berperan dalam menyampaikan pesan (berita, informasi dan hiburan) kepada masyarakat dengan jangkauan luas. 

Penemu Radio

Penemu Radio adalah seorang berkebangsaaan Italia bernama Guglielmo Marconi Guglielmo yang memiliki hak paten di tahun 1896 dan menerima Nobel Prize.

Marconi dijuluki sebagai “Father of Radio” dengan mengembangkan hasil penelitian Heinrich Hertz tentang gelombang elektromagnetik melalui idenya untuk mengirim kabar berita agar dapat menjangkau tempat yang jauh pada tahun1895.

Perjalanan Radio di Indonesia

Diawali oleh Batavia Radio Vereniging (BRV) pada 16 Juni 1925 di Batavia (kini Jakarta), Radio terus berkembang dengan bermunculannya berbagai stasiun Radio seperti Nederlandsch Indische Radio Omroep Maatschappij (NIROM) di Jakarta, Bandung dan Medan.

Setelah Jepang mengambil alih Indonesia, radio-radio siaran Jepang mulai berkumandang di Tanah Air yang digunakan untuk memberikan informasi dan juga alat propaganda Jepang pada Indonesia. Bom Hiroshima dan Nagasaki menjadi tanda runtuhnya Jepang atas Indonesia. 

Berkat informasi radio, Indonesia dapat menyebarkan proklamasi kemerdekaan. Kemudian RRI didirikan sebulan setelah siaran radio milik Jepang dihentikan yaitu pada tanggal 19 Agustus 1945. 

Jenis-Jenis Radio

  • Radio Tradisional

Radio yang bekerja dengan gelombang elektromagnetik (sinyal) yang ditangkap melalui antena dan biasanya ditemukan pada radio ponsel maupun radio yang terpasang pada mobil.

  • Radio Digital

Radio yang bekerja dengan jaringan internet, program atau siaran radio dijalankan secara daring melalui personal komputer, laptop, tablet, atau smartphone.

  • Radio Podcast

Radio podcast berisi program siaran yang dapat diunduh kapan saja dengan mudah dan tidak harus mengikuti jadwal siaran seperti radio tradisional dan internet.

Manfaat Siaran Radio

Dengan jangkauannya yang luas, siaran radio dapat dimanfaatkan sebagai :

  • Alat komunikasi
  • Sarana menyebarkan berita atau peristiwa
  • Sarana mentransmisikan pengetahuan atau media pendidikan 
  • Sarana hiburan

Nah menarik bukan? semakin kita tahu banyak, semakin luas juga cara pandang kita tentang dunia 🙂

Sampai jumpa di materi #LearnwithKreasa selanjutnya!

SHARE IT

You May Also Like

Manfaat Menggambar Pada Anak

Manfaat Menggambar Pada Anak

kreasa.id - Dear Parents, siapa yang anak-anaknya di rumah hobi menggambar? Menggambar adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk anak-anak. Menggambar merupakan salah satu potensi yang dapat dikembangkan jika anak berbakat dan berminat di bidang tersebut....

Kenapa Anak Harus Belajar Sejarah?

Kenapa Anak Harus Belajar Sejarah?

kreasa.id - Apa itu Sejarah? Berdasarkan Wikipedia, kata Sejarah berasal dari bahasa Yunani, Historia yang artinya mengusut atau pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian.  Sejarah dapat diartikan sebagai kajian tentang masa lampau, khususnya bagaimana kaitannya...

Ide Aktivitas Liburan Seru

Ide Aktivitas Liburan Seru

kreasa.id - Libur Telah Tiba! Sebentar lagi libur sekolah nih, sudah punya rencana kemana aja? 😍 Yuk simak 5 ide aktivitas seru untuk menemanimu selama liburan sekolah nanti! 5 Ide Aktivitas Seru Selama Liburan Sekolah 1. Museum Tour Buatlah daftar museum-museum...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *