Tips Anak Mudah Menghafal

by | Nov 22, 2021 | 0 comments

kreasa.id – Kegiatan menghafal memang tidak mudah bagi anak-anak terlebih lagi yang dihafalkan adalah pelajaran yang tidak mereka sukai. Walaupun anak-anak dibandingkan orang dewasa memiliki daya ingat yang lebih baik karena memori yang tersimpan masih sedikit, namun kemampuan menghafal tergantung pada tingkat konsentrasi yang dimilikinya.

Tantangan terbesar adalah ketika anak-anak akan menghadapi tes atau ujian sekolah, dimana menghafal pelajaran sangat dibutuhkan. Parents tidak perlu khawatir karena ternyata kemampuan menghafal dapat dilatih. Bagaimana caranya agar anak mudah menghafal dengan baik?

Yuk simak beberapa tips agar anak mudah menghafal berikut ini :

  • Membuat Singkatan

Parents dapat membantu anak membuat singkatan atau rangkaian kata-kata pendek yang unik dan mudah diingat. Contohnya MeJiKuHiBiNiU untuk warna pelangi yakni Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, Ungu. Bisa juga menyingkat MeVeBuMa JuSa UNePlu untuk urutan planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto.

  • Mengulang Informasi

Cara cepat dan efektif dalam menghafal adalah dengan mengulang-ulang informasi atau pelajaran. Mengulang-ulang informasi juga dapat meningkatkan daya ingat jangka pendek. Semakin sering anak mengulang pelajarannya maka lama kelamaan materi tersebut akan menempel dalam ingatan.

  • Menulis Ulang

Sebuah penelitian di Washington University, AS, mengungkapkan bahwa orang-orang yang mencatat dengan menulis tangan ternyata memiliki daya ingat yang lebih baik. Maka cara cepat untuk menghafal adalah dengan meminta anak menulis ulang apa yang dihafalnya. Anak dapat menulis tangan pada secarik kertas atau buku dengan memberi highlight warna pada kata kunci atau poin-poin untuk dihafalkan sehingga mudah tersimpan di dalam memori otak.

  • Menceritakan Kembali

Sebuah penelitian tahun 2017 merekomendasikan bahwa cara cepat menghafal yang cukup efektif dan patut dicoba adalah dengan menceritakan apa yang dihafal melalui suara keras dan lantang. Mintalah anak untuk menceritakan kembali kepada anggota keluarga di rumah.

  • Tanya Jawab Kuis

Buat kegiatan tanya jawab soal-soal pelajaran yang dihafal dan dicatat oleh anak dengan menarik melalui kuis. Dengan cara ini anak akan terlatih untuk mengingat isi catatan yang dibuatnya. Siapa tahu pertanyaan yang diberikan mirip atau sama dengan yang akan keluar dalam ujian sehingga anak mudah menjawabnya.

  • Jauhkan Hal Mengganggu

Agar anak-anak mudah mengingat dan menghafal maka hindarkan dari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi mereka. Jauhkan dari kebisingan, televisi, gadget, atau teman yang ingin mengajaknya bermain.

  • Istirahat Cukup

Penelitian terbaru Nature Neuroscience menerangkan bahwa memori otak akan disusun saat tidur dimana otak akan menghapus memori yang tidak penting. Karena itu pelajaran yang dihafal anak adalah informasi yang diingat dan sering muncul sehingga otak akan menyimpannya. Waktu tidur yang cukup sesuai usia anak sangat penting untuk membantu kinerja otak anak-anak.

SHARE IT

You May Also Like

Tips Anak Belajar Bahasa Asing

Tips Anak Belajar Bahasa Asing

kreasa.id - Dear Parents, belajar bahasa asing seperti Bahasa Arab, Inggris, Prancis dan lain-lain bukanlah perkara yang mudah yaa. Perlu ada pembiasaan dan komitmen pada anak serta orang-orang di sekitarnya untuk terus mendukung agar semangat dalam berlatih. Simak...

Tips Anak Betah di Rumah

Tips Anak Betah di Rumah

kreasa.id - Rumahku Istanaku.. Begitu ungkapan yang sering kita dengar jika dikaitkan dengan tempat tinggal bagi seseorang. Setidaknya hal tersebut adalah gambaran yang seharusnya muncul saat mendengar kata rumah, yakni nyaman, tenang, dan menyenangkan. Begitu juga...

Reward Pada Anak

Reward Pada Anak

kreasa.id - Dear Parents, memberikan reward atau hadiah pada anak sudah menjadi hal lumrah di kalangan orang tua. Hal yang paling sering dilakukan orang tua adalah di saat kenaikan kelas seperti sekarang jika si anak mendapatkan nilai yang memuaskan. Namun tahukah...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *