Bangun Geometri

by | May 7, 2021 | 0 comments

kreasa.id – Hai teman Kreasa, siapa yang tahu apa itu bangun Geometri?

Geometri merupakan bentuk bangun yang mudah ditemui di sekeliling kita dan sering dijumpai pada benda-benda yang digunakan sehari-hari.

Apa saja sih bentuk Geometri yang ada? untuk memahaminya kali ini kita akan belajar seputar Geometri dari definisi hingga macam-macam bentuknya.

Geometri atau geometris merupakan salah satu objek yang dipelajari dalam ilmu matematika. Geometri adalah ilmu yang membahas tentang hubungan antara titik, garis, sudut, bidang dan bangun ruang. Sedangkan pengertian bangun adalah semua informasi geometri pada lokasi, skala, dan efek putar yang disaring dari suatu objek. 

Secara umum dijelaskan bahwa bangun Geometri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu geometri datar atau bangun datar dan geometri ruang atau bangun ruang. Bangun Geometri datar bersifat dua dimensi sedangkan bangun geometri ruang bersifat tiga dimensi. 

Bangun Datar (2 Dimensi)

Merupakan sebuah bidang datar yang dibatasi oleh garis lurus atau garis lengkung. Bangun Datar diukur berdasarkan luas dan keliling serta memiliki bentuk namun tidak memiliki ruang. Jumlah dan model ruas garis yang membatasi bangun tersebut menentukan nama dan bentuk bangun datar itu sendiri.

Bentuk Bangun Datar
  • Lingkaran adalah bangun datar dengan ruas garis tak terhingga.
  • Persegi panjang adalah bangun datar yang memiliki sisi yang saling berhadapan sama panjang dengan empat buah titik sudut siku-siku.
  • Segitiga adalah bangun datar yang dibatasi oleh tiga ruas garis.
  • Persegi adalah bangun datar yang memiliki sisi-sisi sama panjang dengan sudut-sudut sama besar (90°).
  • Pentagon adalah bangun datar segi lima yang memiliki yang kelima sisinya sama panjang.
  • Jajar genjang adalah bangun datar dengan dua pasang sisi yang berhadapan sama panjang dan dua pasang sudut yang berhadapan sama besar.
  • Trapesium adalah bangun datar segi empat yang memiliki satu pasang sisi sejajar yang tidak sama panjang.
  • Belah ketupat adalah bangun datar dengan dua pasang sisi yang sama panjang dan memiliki dua buah diagonal bidang yang tidak sama panjang.
  • Dan lain sebagainya.

Bangun Ruang (3 Dimensi)

Bangun ruang tiga dimensi merupakan sebuah bidang datar yang dibatasi oleh garis lurus maupun garis lengkung. Bangun datar diukur berdasarkan luas dan keliling, memiliki bentuk tapi tidak ruang. Jumlah dan model ruas garis yang membatasi bangun tersebut menentukan nama dan bentuk bangun datar tersebut.

Para ahli menyebutkan bangun ruang tiga dimensi pada ilmu matematika adalah sebuah benda yang diklasifikasikan memiliki volume, isi serta memiliki tiga komponen penyusun berupa sisi, rusuk, dan titik sudut.

Bangun ruang secara umum dikategorikan menjadi 2 yaitu bangun ruang sisi datar yaitu bangun ruang dengan sisi berbentuk mendatar; dan bangun ruang sisi lengkung yaitu bangun ruang dengan bagian-bagian yang melengkung. 

Bangun ruang sisi datar meliputi balok, prisma, limas, dan kubus. Sedangkan bangun ruang yang masuk kategori sisi lengkung adalah bola, tabung, dan kerucut. Berikut ini penjelasannya:

Bentuk Bangun Ruang
  • Balok adalah bangun ruang yang dibentuk oleh tiga pasang persegi dengan sepasang diantaranya berukuran berbeda, memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut.
  • Kubus adalah bangun ruang yang dibatasi oleh enam bidang kongruen (sama dan sebangun) berbentuk bujur sangkar atau persegi, memiliki 6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut.
  • Limas adalah bangun ruang yang dibatasi oleh alas berbentuk segi-n (n: segi empat, segi lima,…) dan sisi-sisi tegaknya adalah segitiga dengan titik puncak yang saling berhimpit
  • Prisma adalah bangun ruang yang dibatasi oleh 2 bangun datar yang kongruen (sama dan sebangun) dan sejajar, salah satu bangun yang membatasinya disebut bidang alas/tutup.
  • Bola adalah bangun ruang yang dibentuk oleh titik-titik yang berjarak sama terhadap suatu titik yang disebut dengan titik pusat bola dan bola hanya memiliki 1 sisi.
  • Tabung adalah bangun ruang yang memiliki tutup dan alas yang berbentuk lingkaran dengan ukuran yang sama dengan diselimuti oleh persegi panjang. Tabung juga disebut dengan silinder.
  • Kerucut adalah bangun ruang yang mempunyai sebuah alas yang berbentuk lingkaran dengan selimut yang memiliki irisan dari lingkaran.
  • Dan lain sebagainya.

Nah setelah kita mempelajari dan memahami penjelasan tentan bangun Geometris, teman Kreasa sudah mulai mengenali benda-benda apa saja yang masuk kedalam jenis bangun Geometris. Contohnya, kertas pada buku adalah bangun ruang datar persegi panjang, kulkas masuk ke dalam bangun ruang balok, bola sudah pasti masuk kedalam bangun ruang bola. 

Contoh benda Geometri dalam kehidupan

Yuk berlatih, temukan benda-benda Geometri lainnya yang ada disekitar kita.

Semangat belajar teman Kreasa 🙂

SHARE IT

You May Also Like

Warna Dasar dan Turunannya

Warna Dasar dan Turunannya

kreasa.id - Dalam berbagai karya seni, warna menjadi elemen penting dari sebuah objek yang ditampilkan. Warna ditujukan untuk menampilkan efek cahaya yang dapat membangun atau mewakili suasana hati. Warna juga merepresentasikan jarak, perspektif dan jenis atau...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *