Kereta Api Indonesia

by | Nov 8, 2021 | 0 comments

kreasa.id – Kereta Api bagi masyarakat Indonesia adalah moda transportasi massal yang efisien dan ekonomis sejak dahulu kala. Kereta Api merupakan teman setia bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan darat dengan cukup nyaman.

Seiring dengan kemajuan teknologi, moda transportasi Kereta Api mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat. Sehingga kehadiran Kereta Api selalu menjadi pilihan banyak orang untuk beraktivitas.

Tahukah teman-teman bahwa perjalanan sejarah Kereta Api di Indonesia memiliki berbagai fakta unik, menarik dan penting untuk diketahui? Yuk sama-sama kita menelisik berbagai cerita dibalik perjalanan Kereta Api di Indonesia.

Kereta Api Pertama

Pada 17 Juni 1864, perusahaan Kereta Api Belanda (Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij) memimpin proyek pembangunan rel pertama sepanjang 26 kilometer dari Desa Kemijen hingga Desa Tanggungharjo, Jawa Tengan. Pada awal tahun 1867, Kereta Api pertama dibuka untuk umum yang menghubungkan Kota Semarang dengan Surakarta.

Terowongan Kereta Api Terpanjang

Terowongan Sasaksaat di Desa Sumurbandung, Cipatat, Bandung Barat yang berusia lebih dari satu abad dengan panjang 949 meter menjadi terowongan terpanjang di Tanah Air. Kereta Api ini masih aktif digunakan sebagai lintasan kereta rute Jakarta – Bandung via Purwakarta, Cikampek, dan Karawang.

Rute Perjalanan Kereta Terjauh

KA Krakatau yang berganti menjadi KA Singasari merupakan Kereta Api penumpang yang menempuh rute terjauh dengan jarak hingga 945 kilometer sekali jalan dalam waktu 18 jam. Beroperasi sejak pertengahan 2013, Kereta Api ini tercatat sebagai satu-satunya Kereta Api yang melewati seluruh provinsi di Pulau Jawa dengan total stasiun perhentian mencapai 32 stasiun dalam sekali jalan.

Fungsi Palang Pintu Perlintasan

Fungsi Palang Pintu Perlintasan dijelaskan dalam UU No. 23 tahun 2007 dan PP Nomor 72/2009 tentang Perkeretaapian, yakni untuk mengamankan perjalanan Kereta Api agar tidak terjadi kecelakaan dengan transportasi darat lainnya yang sedang menyeberang rel.

Pusat Pengendali Kereta Api Tercanggih di ASEAN

Pusat Pengendali Operasional Kereta Api atau OCC (Operation Control Centre) yang berada di stasiun-stasiun utama berfungsi memonitoring pergerakan Kereta Api di wilayahnya dan menjadi mediator antara masinis dengan pengatur perjalanan Kereta Api. OCC tercanggih di kawasan ASEAN berada di Indonesia yaitu OCC Stasiun Manggarai.

Lebar Jalur Rel Kereta Api

Lebar Jalur Rel Kereta Api di Indonesia adalah 1.067 milimeter atau disebut dengan Narrow Gauge. Ukuran lebar jalur ini tidak hanya diadopsi untuk moda transportasi seperti KRL Commuter Line tetapi juga untuk LRT Palembang dan MRT Jakarta.

Kereta Api Tidak Bisa Berhenti Mendadak

Dalam pengereman, Kereta Api akan berhenti dengan perhitungannya sendiri. Ketika berhenti, kereta akan memperhatikan laju kecepatan kereta, jarak berhenti, jumlah muatan yang dibawa dan juga tergantung pada kondisi trek yang dilalui dan kemiringan pada lintasan.

Wah ternyata menarik ya cerita di balik moda transportasi yang satu ini.

Kalau tema Kreasa sudah penah naik Kereta Api rute apa saja? 🙂

SHARE IT

You May Also Like

Gelombang Bunyi

Gelombang Bunyi

kreasa.id - Hai teman Kreasa, tahukah kamu bahwa suara yang kita dengar berasal dari sebuah gelombang? Ya, suara yang terdengar oleh telinga kita merupakan hasil daripada gelombang bunyi. Apa itu definisi bunyi? Bunyi adalah hasil dari getaran yang merambat di udara...

Pesawat Sederhana

Pesawat Sederhana

kreasa.id - Hai teman Kreasa, siapa yang peranh mendengar pesawat sederhana? apa yang teman-teman bayangkan? Pesawat ini bukanlah pesawat terbang ya, melainkan benda yang berhubungan dengan alat bantu manusia. Secara definisi, dikutip dari Kemendikbud, Pesawat...

Asal Usul Kertas

Asal Usul Kertas

kreasa.id - Kertas adalah salah satu bahan atau media yang banyak digunakan dalam berbagai produk dan aktivitas sehari-hari. Tapi tahukah teman-teman mengapa kita harus menghemat penggunaannya? Jika dilihat dari bahan dasar pembuatannya, kertas berasal dari serat...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.