Mengenal Dongeng

by | Feb 3, 2022 | 0 comments

kreasa.id – Indonesia kaya akan cerita atau dongeng yang secara turun menurun diwariskan oleh kakak atau nenek moyang dari generasi sebelumnya. Beragam dongeng biasanya tidak hanya menghibur tapi juga membawa pesan penting untuk pembacanya.

Siapa yang senang membaca atau mendengar dongeng? apa cerita dongeng favorit kalian? tapi sebelum menjawabnya, yuk simak materi berikut ini tentang dunia dongeng.

KBBI mendefinisikan Dongeng sebagai cerita yang tidak benar-benar terjadi atau fiksi (khayalan). Dongeng berfungsi menyampaikan ajaran moral dan juga menghibur. Dongeng termasuk cerita tradisional atau cerita yang disampaikan secara turun temurun serta disebarkan secara luas ke berbagai tempat.

Dongeng juga didefinisikan oleh beberapa ahli, diantaranya :

James Danandjaja menjelaskan dongeng sebagai sebuah cerita rakyat lisan yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh si empunya cerita. Dongeng juga tidak terikat oleh suatu tempat atau waktu, karena dongeng diceritakan terutama untuk menghibur.

Kamisa berpendapat bahwa dongeng adalah suatu cerita yang dituturkan atau dituliskan dan sifatnya menjadi hiburan. Dongeng adalah suatu bentuk karya sastra yang ceritanya tidak benar-benar terjadi atau fiktif yang bersifat menghibur dan terdapat ajaran moral yang terkandung di dalam cerita tersebut.

Liberatus Tengsoe menjelaskan dongeng sebagai cerita khayalan yang menyajikan hal-hal ajaib, aneh, dan tidak masuk akal. Dahulu dongeng diciptakan untuk anak kecil yang isinya penuh dengan nasihat.

Badrun menjelaskan pengertian dongeng sebagai suatu cerita prosa hasil seni rakyat yang hidup subur dalam angan-angan masyarakat, impian dan sebuah kenyataan bercampur menjadi satu dalam dunia angan-angan.

Setelah kita memahami apa pengertian dongeng, selanjutnya kita lihat jenis-jenis dongeng yang ada sejak dahulu.

Jenis-Jenis Dongeng

  1. Cerita Binatang (Fabel)

Adalah dongeng yang didalamnya menceritakan tokoh-tokoh binatang yang digambarkan memiliki watak dan sifat seperti manusia. Cerita fabel termasuk salah satu dongeng yang banyak diceritakan oleh orang tua dan memiliki pesan moral yang dapat dipetik. 

  1. Cerita Jenaka

Adalah dongeng jenaka atau cerita lucu yang membuat orang akan tertawa atau muncul perasaan yang menyenangkan saat membaca atau mendengarkan dongeng tersebut. 

  1. Cerita Legenda

Adalah cerita dongeng legenda mengenai suatu tempat atau asal-usul suatu tempat. Cerita-cerita legenda di Indonesia biasanya berhubungan dengan tempat bersejarah yang dikemas melalui dongeng serta mengandung nilai-nilai moral dan pendidikan

  1. Cerita Mitos

Adalah dongeng yang berhubungan dengan kepercayaan masyarakat terhadap hal-hal yang sifatnya tidak masuk akal seperti hal supranatural atau hal-hal gaib yang terjadi

  1. Cerita Sage

Adalah dongeng yang mengandung unsur sejarah dan telah tercampur dengan fantasi rakyat. 

  1. Cerita Parabel

Adalah dongeng yang berisi unsur pendidikan dan keagamaan.

  1. Cerita Hikayat 

Adalah dongeng yang berkisah tentang suatu kehebatan maupun kepahlawanan seseorang lengkap dengan kesaktian, keanehan serta mukjizat tokoh utama.

Untuk membedakan apakah cerita yang disajikan tersebut merupakan dongeng atau bukan, berikut ini adalah ciri-ciri dongeng.

Ciri-Ciri Dongeng

  1. Disebarkan Secara Lisan dan dalam Waktu Cukup Lama

Sejak zaman dahulu, dongeng disebarkan atau diwariskan secara lisan, dikenal dari mulut ke mulut melalui kata-kata dan dari generasi ke generasi berikutnya. 

  1. Ada Berbagai Versi

Karena penyebaran dongeng dilakukan secara lisan, maka tak heran jika ada dongeng yang muncul dalam berbagai versi sesuai penceritanya.

  1. Bersifat Anonim

Penulis atau pencipta dongeng ini biasanya tidak diketahui siapa. Namun, dongeng ini tetap dikenal dan populer bagi masyarakat terutama anak-anak.

  1. Bersifat Pralogis

Pengertian dongeng selanjutnya memiliki ciri bersifat pralogis atau memiliki logika tersendiri yang tidak sesuai dengan logika umum atau di luar nalar manusia.

  1. Bersifat Polos

Dongeng biasanya bersifat polos dan lugu, sehingga seringkali terlalu spontan ketika penyampaiannya lebih mendalam. 

  1. Alur ceritanya yang singkat dan cepat

Biasanya pendahuluan sangat singkat dan langsung diceritakan dengan memakai alur yang sederhana.

Wah ternyata dongeng itu luas dan beragam ya.

Ada banyak sekali cerita dongeng atau cerita rakyat yang populer di Indonesia. Berikut ini beberapa dongeng yang berasal dari nenek atau kakek kita zaman dahulu yang telah diceritakan secara turun menurun hingga mungkin memiliki cerita dengan versi yang sedikit berbeda, antara lain Malin Kundang, Bawang Putih dan Bawang Merah, Si Kancil dan Buaya, Si Kabayan, Roro Jonggrang, Jaka Tarub, Sangkuriang, Kisah Danau Toba hingga Kisah Batu Menangis dan masih banyak lagi.

SHARE IT

You May Also Like

Pesawat Sederhana

Pesawat Sederhana

kreasa.id - Hai teman Kreasa, siapa yang peranh mendengar pesawat sederhana? apa yang teman-teman bayangkan? Pesawat ini bukanlah pesawat terbang ya, melainkan benda yang berhubungan dengan alat bantu manusia. Secara definisi, dikutip dari Kemendikbud, Pesawat...

Asal Usul Kertas

Asal Usul Kertas

kreasa.id - Kertas adalah salah satu bahan atau media yang banyak digunakan dalam berbagai produk dan aktivitas sehari-hari. Tapi tahukah teman-teman mengapa kita harus menghemat penggunaannya? Jika dilihat dari bahan dasar pembuatannya, kertas berasal dari serat...

Struktur Bunga

Struktur Bunga

kreasa.id - Siapa disini teman Kreasa yang memiliki tanaman hias di rumah? Bunga-bunga cantik yang biasa ditanam atau diletakan di rumah untuk mempercantik rumah. Nah pernahkah kalian penasaran mengapa bunga-bunga itu bentuknya hampir sama? Ternyata mereka sama...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.