Penemuan Internet

by | Sep 22, 2021 | 0 comments

kreasa.id – Pernahkan teman Kreasa membayangkan jika internet tidak pernah ditemukan? Apa yang akan terjadi bila dunia tanpa internet? Tanpa disadari kebutuhan kita sangat bergantung dengan Internet. Hadirnya internet memberikan banyak sekali manfaat dan kemudahan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Umumnya masyarakat menggunakan teknologi internet untuk berkomunikasi dan mencari informasi agar lebih cepat dan menjangkau lebih luas. Kini saat pandemi terjadi internet menjadi alat yang sangat penting yang digunakan masyarakat khususnya pelajar seperti teman Kreasa dalam aktivitas belajar.

Tahukah kalian definisi dari Internet? bagaimana dan siapakah tokoh penting dibalik penemuan Internet? Yuk simak artikel berikut ini artikel tentang sejarah penemuan Internet.

Definisi Internet

Menurut KBBI, Internet atau Interconnected network adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

Sedangkan dalam buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kemdikbud, Internet merupakan jaringan berjuta-juta komputer di seluruh dunia yang terhubung melalui Protokol Internet (IP/TCP).

Penemuan Internet

Internet muncul seiring dengan proyek ARPA (Advanced Research Project Agency) yaitu proyek jaringan komputer milik Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang dilakukan pada tahun 1969. Proyek ini melakukan riset bagaimana cara menghubungkan banyak komputer menggunakan saluran telepon jarak jauh yang disebut ARPANet (Advanced Research Projects Agency Network).

Percobaan & Perkembangan Internet

Percobaan pembuatan jaringan koneksi antar komputer dilakukan pertama kali di empat tempat yakni UCLA (University of California Los Angeles), UCSB (University of California Santa Barbara), University of Utah, dan SRI (Stanford Research Institute).

Kemudian jaringan semakin berkembang hingga pada tahun 1972 dapat menghubungkan lebih dari 20 komputer. Sejak saat itu, ARPANet digunakan untuk institusi pendidikan, penelitian, industri, dan kontraktor terutama yang berkaitan dengan jaringan militer.

Tokoh Internet

Kleinrock adalah insinyur dan ilmuwan Amerika Serikat yang secara tidak sengaja pada tanggal 29 Oktober 1969 berhasil memecahkan kode digital dan menjadikannya sebagai paket-paket yang terpisah. Penemuan inilah yang membawanya menjadi salah satu pelopor jaringan komunikasi digital dan membantu membangun ARPANet. Hingga akhirnya Ia dikenal sebagai Bapak Internet.

Jaringan Internet Modern

Pada awalnya internet hanya memiliki kecepatan 56 kbps. Namun kecepatan seperti itu kini dianggap lambat. Hal ini didorong karena kebutuhan internet yang banyak digunakan untuk mengirimkan atau menerima file, gambar atau video berukuran besar.

Didorong oleh kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi, teknologi internet terus berkembang dengan ditemukannya model baru komputer seperti PC, Ponsel dan Tablet. Internet muncul dengan jaringan nirkabel atau yang dikenal dengan WiFi, kemudian terus berinovasi menjadi jaringan GPRS, EDGE, 3G, 4G, dan hingga saat ini kita sudah berada dalam jaringan 5G.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di materi selanjutnya 🙂



SHARE IT

You May Also Like

Hewan Endemik di Indonesia

Hewan Endemik di Indonesia

kreasa.id - Indonesia selain terkenal dengan keindahan alamnya ternyata juga surga bagi hewan langka atau yang dikenal dengan sebutan hewan endemik. Tahukah teman Kreasa, negeri kita yang terhampar luas dari Sabang sampai Merauke juga menjadi habitat bagi banyak flora...

Mengenal Profesi Jurnalis

Mengenal Profesi Jurnalis

kreasa.id - Hai teman Kreasa, siapa yang suka memperhatikan atau menonton berita yang ditayangkan melalui televisi atau internet? Tahu kah kalian darimana berita atau informasi tersebut didapatkan? Siapa yang berperan mencari berita dan berada dibalik produksi berita?...

Sejarah Sekolah di Indonesia

Sejarah Sekolah di Indonesia

kreasa.id - Hampir semua anak di seluruh penjuru dunia wajib bersekolah. Walaupun pandemi seperti saat ini, semua anak-anak tetap menjalankan kegiatan belajarnya secara daring, sekolah tidak boleh ditinggalkan. Dengan bersekolah diharapkan anak-anak Indonesia akan...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *