Sejarah Alfabet

by | Dec 1, 2021 | 0 comments

kreasa.id – Teman Kreasa pasti tidak asing lagi dengan lagu A, B, C, D, E, F, G….(sing). Umumnya lagu ini sudah didengarkan oleh orang tua kita sejak kecil.

Tanpa alfabet atau huruf tidak akan ada kata. Tanpa kata tidak akan ada untaian kalimat. Tanpa kalimat tidak akan ada tata bahasa.

Sehingga jelas sekali peran dan fungsi huruf sangat penting dalam komunikasi manusia.

Kali ini kita akan membahas bagaimana sejarah huruf ditemukan, dikembangkan dan digunakan oleh masyarakat di dunia hingga saat ini.

Yuk simak bersama ulasan bagaimana sejarah Alfabet dapat dikenal dalam tata bahasa dan tulisan hingga digunakan pada zaman modern.

Menurut Teori Mesir Kuno, sejarah ditemukannya huruf adalah sekitar 4000 tahun sebelum Masehi. Huruf pertama yang digunakan oleh orang-orang mesir saat itu adalah Hieroglif yang terdiri dari 22 lambang. Bukti lain penggunaan huruf pertama kali ditemukan oleh bangsa Mesir adalah terdapatnya perpustakaan tertua di Mesir.

Sistem huruf kemudian berkembang dan pada tahun 1300 SM saat bangsa Fenisia memperkenalkan huruf Alfabet Phoenician. Alfabet Phoenician diketahui dapat mewakili unsur bunyi yang terdiri dari 23 simbol yang sangat sederhana dan terbatas. Misalnya huruf pertama Alfabet Phoenician adalah gambar kepala banteng sederhana yang dalam bahasa mereka disebut ‘Aleph’, kemudian kata ‘Aleph’ ini yang kini mewakili bunyi dari huruf ‘A’.

Sebutan huruf Alfabet “Alphabet” juga berasal dari bahasa bangsa Fenisia yaitu Aleph “Sapi Jantan” dan Beth “Rumah”. Sistem huruf ini selanjutnya dikembangkan dan disempurnakan oleh bangsa Yunani hingga menjadi 26 huruf yang kita kenal saat ini (a, b, c, d, e, f, g, h, i, j, k, l, m, n, o, p, q, r, s, t, u v, w, x, y, z). Dan hal penting dari sistem Alfabet ini adalah menerapkan pola membaca dari arah kiri ke kanan.

Sehingga sejarah penemuan huruf tersebut menjadi sejarah awal mula tata bahasa berupa tulisan.

Fungsi Huruf

  1. Sebagai pembentuk kata sehingga memiliki arti dan dapat mewakili sesuatu yang ingin disampaikan. 
  2. Merupakan komponen yang membantu manusia dalam berkomunikasi dan menyampaikan informasi.

Kemudian huruf dalam perkembangannya terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bunyi dan penulisan, antara lain :

  1. Huruf Vokal terdiri dari huruf a, e, i, o, dan u
  2. Huruf Konsonan terdiri dari huruf b, c, d, f, g, h, j, k, l, m, n, p, q, r, s, t, v, w, x, y, z.
  3. Huruf Diftong dilambangkan dengan padananan huruf ai, au, dan oi
  4. Gabungan Huruf Konsonan kh, ng, ny, dan sy yang melambangkan satu bunyi konsonan.

Sedangkan jenis huruf berdasarkan penulisannya antara lain :

  1. Huruf kapital atau huruf besar dipakai sebagai huruf pertama pada awal kata pada kalimat dan petikan
  2. Huruf miring dipakai untuk menuliskan nama buku, majalah, dan surat kabar yang dikutip
  3. Huruf tebal dipakai untuk menuliskan judul buku, bab, bagian bab, daftar isi dan sejenisnya

SHARE IT

You May Also Like

Manfaat Menggambar Pada Anak

Manfaat Menggambar Pada Anak

kreasa.id - Dear Parents, siapa yang anak-anaknya di rumah hobi menggambar? Menggambar adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk anak-anak. Menggambar merupakan salah satu potensi yang dapat dikembangkan jika anak berbakat dan berminat di bidang tersebut....

Kenapa Anak Harus Belajar Sejarah?

Kenapa Anak Harus Belajar Sejarah?

kreasa.id - Apa itu Sejarah? Berdasarkan Wikipedia, kata Sejarah berasal dari bahasa Yunani, Historia yang artinya mengusut atau pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian.  Sejarah dapat diartikan sebagai kajian tentang masa lampau, khususnya bagaimana kaitannya...

Ide Aktivitas Liburan Seru

Ide Aktivitas Liburan Seru

kreasa.id - Libur Telah Tiba! Sebentar lagi libur sekolah nih, sudah punya rencana kemana aja? 😍 Yuk simak 5 ide aktivitas seru untuk menemanimu selama liburan sekolah nanti! 5 Ide Aktivitas Seru Selama Liburan Sekolah 1. Museum Tour Buatlah daftar museum-museum...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *