Sejarah Alfabet

by | Dec 1, 2021 | 0 comments

kreasa.id – Teman Kreasa pasti tidak asing lagi dengan lagu A, B, C, D, E, F, G….(sing). Umumnya lagu ini sudah didengarkan oleh orang tua kita sejak kecil.

Tanpa alfabet atau huruf tidak akan ada kata. Tanpa kata tidak akan ada untaian kalimat. Tanpa kalimat tidak akan ada tata bahasa.

Sehingga jelas sekali peran dan fungsi huruf sangat penting dalam komunikasi manusia.

Kali ini kita akan membahas bagaimana sejarah huruf ditemukan, dikembangkan dan digunakan oleh masyarakat di dunia hingga saat ini.

Yuk simak bersama ulasan bagaimana sejarah Alfabet dapat dikenal dalam tata bahasa dan tulisan hingga digunakan pada zaman modern.

Menurut Teori Mesir Kuno, sejarah ditemukannya huruf adalah sekitar 4000 tahun sebelum Masehi. Huruf pertama yang digunakan oleh orang-orang mesir saat itu adalah Hieroglif yang terdiri dari 22 lambang. Bukti lain penggunaan huruf pertama kali ditemukan oleh bangsa Mesir adalah terdapatnya perpustakaan tertua di Mesir.

Sistem huruf kemudian berkembang dan pada tahun 1300 SM saat bangsa Fenisia memperkenalkan huruf Alfabet Phoenician. Alfabet Phoenician diketahui dapat mewakili unsur bunyi yang terdiri dari 23 simbol yang sangat sederhana dan terbatas. Misalnya huruf pertama Alfabet Phoenician adalah gambar kepala banteng sederhana yang dalam bahasa mereka disebut ‘Aleph’, kemudian kata ‘Aleph’ ini yang kini mewakili bunyi dari huruf ‘A’.

Sebutan huruf Alfabet “Alphabet” juga berasal dari bahasa bangsa Fenisia yaitu Aleph “Sapi Jantan” dan Beth “Rumah”. Sistem huruf ini selanjutnya dikembangkan dan disempurnakan oleh bangsa Yunani hingga menjadi 26 huruf yang kita kenal saat ini (a, b, c, d, e, f, g, h, i, j, k, l, m, n, o, p, q, r, s, t, u v, w, x, y, z). Dan hal penting dari sistem Alfabet ini adalah menerapkan pola membaca dari arah kiri ke kanan.

Sehingga sejarah penemuan huruf tersebut menjadi sejarah awal mula tata bahasa berupa tulisan.

Fungsi Huruf

  1. Sebagai pembentuk kata sehingga memiliki arti dan dapat mewakili sesuatu yang ingin disampaikan. 
  2. Merupakan komponen yang membantu manusia dalam berkomunikasi dan menyampaikan informasi.

Kemudian huruf dalam perkembangannya terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bunyi dan penulisan, antara lain :

  1. Huruf Vokal terdiri dari huruf a, e, i, o, dan u
  2. Huruf Konsonan terdiri dari huruf b, c, d, f, g, h, j, k, l, m, n, p, q, r, s, t, v, w, x, y, z.
  3. Huruf Diftong dilambangkan dengan padananan huruf ai, au, dan oi
  4. Gabungan Huruf Konsonan kh, ng, ny, dan sy yang melambangkan satu bunyi konsonan.

Sedangkan jenis huruf berdasarkan penulisannya antara lain :

  1. Huruf kapital atau huruf besar dipakai sebagai huruf pertama pada awal kata pada kalimat dan petikan
  2. Huruf miring dipakai untuk menuliskan nama buku, majalah, dan surat kabar yang dikutip
  3. Huruf tebal dipakai untuk menuliskan judul buku, bab, bagian bab, daftar isi dan sejenisnya

SHARE IT

You May Also Like

Gelombang Bunyi

Gelombang Bunyi

kreasa.id - Hai teman Kreasa, tahukah kamu bahwa suara yang kita dengar berasal dari sebuah gelombang? Ya, suara yang terdengar oleh telinga kita merupakan hasil daripada gelombang bunyi. Apa itu definisi bunyi? Bunyi adalah hasil dari getaran yang merambat di udara...

Pesawat Sederhana

Pesawat Sederhana

kreasa.id - Hai teman Kreasa, siapa yang peranh mendengar pesawat sederhana? apa yang teman-teman bayangkan? Pesawat ini bukanlah pesawat terbang ya, melainkan benda yang berhubungan dengan alat bantu manusia. Secara definisi, dikutip dari Kemendikbud, Pesawat...

Asal Usul Kertas

Asal Usul Kertas

kreasa.id - Kertas adalah salah satu bahan atau media yang banyak digunakan dalam berbagai produk dan aktivitas sehari-hari. Tapi tahukah teman-teman mengapa kita harus menghemat penggunaannya? Jika dilihat dari bahan dasar pembuatannya, kertas berasal dari serat...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.