Struktur Bunga

by | Jan 12, 2022 | 0 comments

kreasa.id – Siapa disini teman Kreasa yang memiliki tanaman hias di rumah? Bunga-bunga cantik yang biasa ditanam atau diletakan di rumah untuk mempercantik rumah.

Nah pernahkah kalian penasaran mengapa bunga-bunga itu bentuknya hampir sama?

Ternyata mereka sama seperti anggota tubuh makhluk hidup lain seperti manusia atau hewan yang memiliki bagian-bagian penting sesuai fungsinya.

Bunga dijelaskan sebagai modifikasi dari tunas dengan bentuk, warna, dan susunannya disesuaikan dengan kebutuhan tumbuhan.

Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Bunga adalah tempat dimana penyerbukan dan pembuahan terjadi. Biasanya proses penyerbukan dan pembuahan terjadi karena bantuan serangga sehingga pada umumnya bunga memiliki warna yang menarik, berbau harum, mengandung nektar dan dengan bentuk yang bermacam-macam.

Secara ilmiah, definisi Bunga dalam salah satu artikel penelitian (Machin dan Scopes, 2005) dijelaskan sebagai alat perkembangbiakan generatif atau tempat terjadinya peristiwa penyerbukan dan pembuahan yang nantinya akan menghasilkan buah yang di dalamnya terdapat biji. Kemudian biji inilah yang akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. 

Jenis Bunga

Bunga dibagi menjadi Bunga Tunggal dan Bunga Majemuk. Pada Bunga Tunggal, satu tangkai hanya mendukung satu bunga, sedangkan pada Bunga Majemuk, satu tangkai mendukung banyak bunga.

Fungsi Bunga

  • Sebagai alat perkembangbiakan pada tumbuhan
  • Untuk memproduksi buah (makanan, pelindung, penghasil biji)
  • Dianggap sebagai ranting dengan daun-daun yang berubah fungsi
  • Untuk menarik serangga atau hewan lain dalam membantu penyerbukan pada tumbuhan

Bagian-bagian Bunga

  • Kelopak Bunga (Calyx), berfungsi melindungi bagian dalam bunga, khususnya pada bunga yang masik kuncup.
  • Mahkota Bunga (Corolla), ukuran mahkota bunga biasanya lebih besar dari kelopaknya dan mempunyai warna yang beraneka ragam yang berfungsi untuk menarik perhatian serangga.
  • Benang Sari adalah organ reproduksi jantan yang terletak di tengah-tengah mahkota bunga. Benang sari terdiri dari tangkai sari dan kepala sari. 
  • Putik (Pistillum) adalah organ reproduksi betina yang dimiliki oleh tumbuhan yang terdapat pada bagian pusat (tengah) bunga.

SHARE IT

You May Also Like

Julukan Kota di Indonesia

Julukan Kota di Indonesia

kreasa.id - Berdasarkan Kepmendagri 050-145 Tahun 2022, bahwa jumlah wilayah administrasi pemerintahan dan pulau di seluruh Indonesia sebanyak 34 Provinsi, 416 Kabupaten, 98 Kota, 7.266 Kecamatan, 8.506 Kelurahan, 74.961 Desa dan 16.772 Pulau. Sehingga sesuai...

Gelombang Bunyi

Gelombang Bunyi

kreasa.id - Hai teman Kreasa, tahukah kamu bahwa suara yang kita dengar berasal dari sebuah gelombang? Ya, suara yang terdengar oleh telinga kita merupakan hasil daripada gelombang bunyi. Apa itu definisi bunyi? Bunyi adalah hasil dari getaran yang merambat di udara...

Pesawat Sederhana

Pesawat Sederhana

kreasa.id - Hai teman Kreasa, siapa yang peranh mendengar pesawat sederhana? apa yang teman-teman bayangkan? Pesawat ini bukanlah pesawat terbang ya, melainkan benda yang berhubungan dengan alat bantu manusia. Secara definisi, dikutip dari Kemendikbud, Pesawat...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *