Tanda Anak Menjadi Korban Perundungan (Bullying)

by | Mar 7, 2024 | 0 comments

kreasa.id – Dear Parents, kasus perundungan atau bullying masih saja banyak terjadi di sekitar kita. Hal ini merupakan ancaman serius yang dapat merusak masa depan anak-anak.

Yuk Parents, kenali tanda-tanda perundungan atau bullying pada anak agar orang tua selalu waspada dalam berbagai situasi dan kondisi.

Perubahan Suasana Hati bisa menjadi salah satu tanda-anda dari perundungan yang perlu Parents waspadai. Korban perundungan terkadang dapat mengalami perasaan cemas yang berlebih, sedih berkepanjangan hingga menarik diri. Korban perundungan juga dapat kemungkinan mengalami depresi atas trauma yang dialaminya.

Jika Parents menemukan anak yang mengalami perubahan ini secara tiba-tiba, sebaiknya tanyakan langsung tentang apa yang terjadi. Meskipun bukan akibat perundungan, perubahan suasana hati yang terjadi secara tiba-tiba tetap membutuhkan perhatian. Dengan begitu kondisi kesehatan mental seseorang akan tetap stabil.

Korban perundungan atau bullying biasanya akan mengalami tanda-tanda pada fisik, mulai dari keluhan fisik yang tidak nyaman hingga sakit kepala. Tanda lain yang perlu Prents perhatikan pada korban perundungan adalah tubuh memar, muncul luka secara tiba-tiba atau goresan pada kulit.

Biasanya tanda-tanda tersebut muncul tanpa korban bisa menjelaskan dengan baik apa penyebabnya. Selain itu korban juga akan memiliki kebiasaan untuk pergi dari satu lingkungan secara terburu-buru.

Perundungan juga bisa ditandai dengan perubahan pola makan pada korban. Seseorang yang kerap mengalami bullying dapat menjadi kehilangan nafsu makan atau memiliki nafsu makan berlebih.

Biasanya pada anak-anak kondisi ini dapat ditandai dengan rasa lapar saat pulang sekolah. Hal ini karena anak-anak melewati waktu makan siang untuk menghindari tindakan yang tidak menyenangkan.

Meskipun gejala tersebut bisa menjadi adanya gangguan kesehatan lain namun memberikan perhatian dan bertanya pada korban bisa menjadi salah satu cara mencegah gejala tersebut semakin memburuk.

Perubahan pola tidur dapat menjadi salah satu tanda korban perundungan yang kerap terjadi. Hal ini karena adanya rasa cemas, lelah hingga rasa takut yang berlebihan. Perundungan pada anak dapat menyebabkan anak mimpi buruk sehingga sering terbangun atau menangis pada malam hari.

Tanda ini dapat menyebabkan penurunan kualitas hidup pada korbannya karena tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Dan jika dibiarkan gangguan tidur ini dapat beresiko memicu gangguan kesehatan yang lebih parah.

Korban perundungan juga dapat mengalami perubahan perilaku menjadi tidak biasa. Jika sebelumnya korban semangat untuk melakukan hobi atau aktivitas kesukaannya, maka tindakan bullying dapat menyebabkan korban menjadi kehilangan minat pada hobinya.

Selain itu, korban perundungan juga kerap menghidari lokasi atau benda pribadi yang memicu terjadinya perilaku tidak menyenangkan tersebut. Jika tanda-tanda tersebut muncul pada anak sebaiknya perhatikan dan tanyakan langsung mengenai masalah yang sedang dihadapinya.

Kesimpulannya, selalu waspada dengan segala bentuk perubahan pada anak ya Parents, baik secara fisik, kebiasaan maupun perilaku sehari-hari anak di rumah.

Referensi lain :

Cara mencegah perundungan atau bullying anak sekolah dari kacamata praktisi dan pendidik anak usia dini.

#ParentingwithKreasa

SHARE IT

You May Also Like

Tips dan Trik Anak Semangat Menjalankan Puasa

Tips dan Trik Anak Semangat Menjalankan Puasa

kreasa.id - Dear Parents, bagaimana ibadah puasanya selama beberapa hari ini? anak-anak aman semua? semoga tetap lancar terkendali ya 🙂 Kegiatan berpuasa di bulan suci Ramadan merupakan suatu tantangan tersendiri bagi anak-anak, terutama ini menjadi moment perdananya...

Manfaat Memasak Bareng Anak di Rumah

Manfaat Memasak Bareng Anak di Rumah

kreasa.id - Dear Parents, siapa yang suka mengajak berkegiatan bareng anak di dapur? Tahukah Moms, ternyata banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh anak saat beraktivitas bersama di dapur lho. Kira-kira apa saja manfaatnya? Yuk simak artikel ini selengkapnya....

Tips Melatih Konsentrasi Pada Anak

Tips Melatih Konsentrasi Pada Anak

kreasa.id - Konsentrasi sangat dibutuhkan kapanpun dan dimanapun manusia beraktivitas. Konsentrasi dapat dilatih sejak dini agar kemampuan tersebut dapat menjadi kebiasaan pada masa dewasa nanti. Bagaimana cara melatih konsentrasi pada anak? Berikut beberapa tips yang...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *