8 Tipe Kecerdasan Pada Anak

by | Jan 22, 2022 | 0 comments

kreasa.id – Semua orang tua pasti setuju bahwa setiap anak pasti memiliki bakat, potensi dan kecerdasan yang berbeda-beda. Tugas kita sebagai orang tua adalah membimbing anak-anak untuk dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki sehingga mereka dapat sukses mencapai apa yang dicita-citakan.

Namun pernahkah Parents melihat dan memahami bahwa kecerdasan dan kemampuan anak tidak hanya diukur oleh nilai akademis yang dihasilkan? Tokoh pendidikan sekaligus Psikolog Multiple Intelligences, Howard Gardner, berpendapat bahwa setiap orang bisa memiliki kecerdasan majemuk, yakni Kecerdasan Intelektual (IQ) dan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient/EQ).

Howard juga menjelaskan bahwa setiap kecerdasan yang dimiliki dapat dikuasai bila diasah dengan baik khususnya dilakukan sejak dini ketika masih anak-anak.

Agar usaha Parents membantu anak mengembangkan bakat dan potensinya menjadi optimal, yuk kenali jenis-jenis kecerdasan apa saja yang kemungkinan ada pada setiap anak.

  • Kecerdasan Linguistik (Word Smart)

Adalah kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif, baik untuk mempengaruhi maupun memanipulasi. 

Kecerdasan linguistik dimiliki oleh anak-anak yang suka membaca, menulis, dan berbicara dengan bahasa asing sehingga mereka menonjol dalam menulis, mendongeng, berdiskusi atau berdebat. 

Untuk melatihnya dengan rajin mengajak berdiskusi, berbicara atau bercerita di depan banyak orang dan juga membacakan apa yang ditulisnya.

  • Kecerdasan Logis-Matematis (Number Smart)

Adalah kecerdasan mengolah angka atau kemahiran menggunakan logika nalar. 

Kecerdasan ini dimiliki oleh anak dengan kemampuan berhitung cepat, memahami pola atau simbol, memiliki keterampilan komputasi dan senang memecahkan masalah dengan logika. 

Cara melatihnya adalah dengan mengajak bermain puzzle, menyusun angka atau kalimat, bereksperimen dan berlatih menghitung.

  • Kecerdasan Spasial (Picture Smart)

Adalah kemampuan yang baik dalam memvisualisasikan gambar dan memiliki daya imajinasi visual yang tinggi. 

Kecerdasan ini dimiliki oleh anak dengan memori yang tajam, sangat tertarik pada gambar atau foto, menonjol dalam geometri, pandai membaca peta, membuat dan memanipulasi objek atau bangunan. 

Cara melatihnya adalah dengan mengajaknya menggambar, desain atau fotografi, membuat objek dari lilin mainan atau membuat bangunan dari lego atau balok.

  • Kecerdasan Kinestetik (Body Smart)

Adalah kemampuan motorik, ketangkasan fisik atau anggota tubuh untuk mengekspresikan diri, menciptakan karya atau memecahkan masalah. 

Anak yang memiliki kecerdasan kinestetik umumnya bertubuh atletis, cekatan, pandai berolahraga, menari atau beraktivitas fisik lainnya. 

Cara melatih adalah dengan rutin mengajak berolahraga, olah tubuh, menari atau ketangkasan tubuh seperti meniru berbagai gerakan.

  • Kecerdasan Musikal (Music Smart)

Adalah kemampuan musikalitas yang baik, memiliki kepekaan akan nada, irama atau melodi hingga mampu memainkan alat musik dan bernyanyi. 

Anak yang memiliki kemampuan ini adalah yang sangat tertarik dengan bunyi-bunyian, alunan musik, bernyanyi atau alat musik. 

Cara melatihnya adalah dengan mendengarkan musik dan mengajarkan anak bernyanyi atau bermain alat musik. 

  • Kecerdasan Interpersonal (People Smart)

Adalah kemampuan untuk memahami orang lain dengan baik yang melibatkan empati, manipulasi, “membaca orang”, kemampuan berteman, dan semacamnya.

Kemampuan ini dimiliki oleh anak yang mampu mengatur perasaan dan emosinya, mudah bergaul dengan orang lain, mudah beradaptasi dan berkomunikasi atau disebut juga kecerdasan sosial. 

Cara melatihnya adalah dengan memberi kesempatan anak untuk sering bergaul, berinteraksi, bermain bersama dengan teman-teman sebaya.

  • Kecerdasan Intrapersonal (Self Smart)

Adalah kemampuan memahami diri sendiri, mengetahui kekuatan dan kelemahan serta percaya akan diri sendiri sendiri. 

Anak yang memiliki kecerdasan ini umumnya lebih tenang, memiliki kepercayaan diri, mandiri, kreatif, inisiatif, mampu merencanakan sesuatu dan membuat keputusan. 

Cara melatihnya dengan mempercayakan anak untuk bertanggung jawab terhadap tugas-tugas tertentu, mengikuti perlombaan atau tampil depan umum.

  • Kecerdasan Naturalis (Nature Smart)

Adalah kemampuan mengenali alam sekitar, peduli dengan sesama, lingkungan atau makhluk hidup lainnya. 

Anak yang memiliki kecerdasan ini sangat memahami alam, tumbuhan, hewan, dan lingkungan. Sehingga mereka sangat senang bermain di luar ruangan, menikmati alam, berkebun, dan pecinta binatang. 

Cara melatihnya adalah dengan berwisata alam, berkebun, memiliki hewan peliharaan, mengunjungi kebun binatang atau taman flora.

Sekarang Parents dapat mempelajari masing-masing potensi dalam diri anak dengan berbagai macam kecerdasan yang dimilikinya.

Semoga bermanfaat 🙂

SHARE IT

You May Also Like

Anxiety Disorder

Anxiety Disorder

kreasa.id - Dear Parents, pernahkah memperhatikan anak-anak yang diselimuti rasa takut, khawatir, gelisah dan tidak percaya diri? jika iya jangan dianggap sepele ya Mom/Dad karena bisa jadi si Kecil memiliki kecenderungan Anxiety Disorder. Apa itu Anxiety Disorder?...

Pentingnya Inner Strength Pada Anak

Pentingnya Inner Strength Pada Anak

kreasa.id - Prestasi akademis dan kekuatan fisik bukanlah satu-satunya yang terpenting pada anak, ada banyak hal penting lainnya yang dibutuhkan anak-anak pada masa tumbuh kembang, salah satunya membangun inner strength mereka. Inner strength adalah kekuatan positif...

Etika Unggah Konten Anak di Medsos

Etika Unggah Konten Anak di Medsos

kreasa.id - Sebagai orang tua tentunya lumrah mengunggah foto atau video anak di media sosial. Rasa bangga dan dorongan untuk berbagi kegiatan anak dengan jejaring pertemanan di dunia maya menjadi motivasi para orang tua melakukannya.  Fenomena ini dinamakan...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.