Bijak Kelola Sampah

by | Jun 23, 2021 | 0 comments

kreasa.id – Hidup sehat tidak hanya didapatkan dengan makan makanan bernutrisi dan berolahraga.  Teman Kreasa mungkin pernah membaca atau mendengar bahwa penularan penyakit juga diakibatkan oleh lingkungan yang kotor. Karena itu mengelola sampah dan menjaga lingkungan yang bersih juga menjadi faktor penting bagi kesehatan.

Selain itu data mengejutkan datang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang menyatakan bahwa jumlah timbunan sampah di Indonesia pada tahun 2020 yang lalu diperkirakan sudah mencapai lebih dari 67,8 juta ton.

Fakta timbunan sampah tersebut menjelaskan bahwa begitu banyak sampah yang dihasilkan oleh orang Indonesia. Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka semakin lama akan semakin menumpuk, dan lama kelamaan akan mengganggu lingkungan dan kesehatan manusia dan juga lingkungan sekitarnya.

Maka dari itu membuang sampah pada tempatnya saja tidaklah cukup. Perlu adanya gerakan mengelola sampah secara mandiri dirumah secara bersama-sama. Bagaimana caranya? Yuk disimak penjelasannya.

  • Kenali Jenis-Jenis Sampah Di Rumah

Secara umum ada dua jenis sampah yaitu organik dan anorganik.

  1. Sampah Organik adalah semua sampah yang mudah terurai, seperti sisa makanan atau sampah alam daun-daun, dan lain-lain.
  2. Sampah Anorganik adalah sampah yang sulit terurai, seperti plastik, karet, kaca, kaleng, dan lain-lain.
  • Pisahkan Tempat Sampah Sesuai Jenisnya

Siapkan tempat sampah yang disediakan dirumah dengan sesuai jenisnya. Hal ini dilakukan untuk mempermudah setiap anggota keluarga untuk ikut memilah dan mengumpulkan sampah sendiri yang masih bermanfaat sebelum dibuang.

  • Budayakan Gaya Hidup 3R.

3R dikenal dengan Reuse, Recycle dan Reduce yaitu konsep urutan langkah untuk mengelola sampah.

  1. Reduce: mengurangi jumlah sampah
  2. Reuse: memanfaatkan kembali sampah
  3. Recycle: mendaur ulang sampah

Mari kita bahas satu persatu.

  • Reduce

Adalah tindakan mengurangi sampah anorganik dengan tidak membeli produk atau jajanan yang menggunakan kemasan plastik atau bungkus kemasan yang sulit terurai. Sehingga hal yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan alat makan dan minum sendiri serta membawa kantong belanja sendiri saat berbelanja.

  • Reuse

Adalah tindakan memanfaatkan ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat seperti kertas, kardus, botol plastik, minuman kotak untuk dijadikan benda-benda yang dapat digunakan sehari-hari. Contohnya mengolah kardus menjadi tempat pensil dan mainan, kaleng dan botol minuman menjadi pot bunga, atau menjadi sebuah prakarya yang dapat di pajang di dinding rumah.

  • Recycle

Adalah tindakan mendaur ulang atau memproses sampah dapur atau sisa makanan untuk dijadikan pupuk kompos. Pupuk tersebut dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman di rumah atau dapat dijadikan makanan ternak jika kita memiliki hewan peliharaan di rumah.

Yuk sama-sama kita menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak hanya membuang sampah pada tempatnya tetapi dengan aksi yang lebih jauh lagi yakni berlaku bijak mengelola sampah.

Semoga bermanfaat 🙂

SHARE IT

You May Also Like

Manfaat Bangun Pagi

Manfaat Bangun Pagi

kreasa.id - Hai teman Kreasa, masih adakah yang susah jika dibangunkan pagi hari? Coba kira-kira apa yang membuat kita susah rutin bangun pagi? karena faktanya bangun pagi itu menyehatkan dan memiliki banyak manfaat loh! Dan tahukah teman-teman, salah satu kunci...

Mengatasi Anak Tersedak

Mengatasi Anak Tersedak

kreasa.id - Dear Parents, siapa yang anak-anak di rumah pernah mengalami tersedak? Tersedak merupakan insiden yang dapat dialami oleh siapa saja tak terkecuali pada anak. Benda yang masuk ke dalam tenggorokan atau jalur pernapasan tidak boleh dianggap sepele karena...

Cegah Sariwan

Cegah Sariwan

kreasa.id - Sariawan merupakan nyeri pada mulut yang bisa dialami semua orang, tak terkecuali pada anak-anak. Perbedaannya adalah ketika sariawan terjadi pada anak maka sering kali mereka cenderung rewel, malas bicara, sulit menahan sakit bahkan hingga menurunnya...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *