Cegah Sariwan

by | Jul 14, 2021 | 0 comments

kreasa.id – Sariawan merupakan nyeri pada mulut yang bisa dialami semua orang, tak terkecuali pada anak-anak. Perbedaannya adalah ketika sariawan terjadi pada anak maka sering kali mereka cenderung rewel, malas bicara, sulit menahan sakit bahkan hingga menurunnya berat badan karena membuatnya tidak nafsu makan.

Sebenarnya apa sih sariawan?

Sariawan atau dalam bahasa medis Stomatitis Aphtosa adalah luka kecil berwarna putih yang dapat terjadi pada mulut, gusi, bibir, langit-langit mulut, dinding pipi, lidah dan tenggorokan. Sariawan diantaranya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri atau jamur, kurangnya nutrisi dan menurunnya kekebalan tubuh atau tergigit.

Jika anak mengalami sariawan jangan buru-buru panik ya Parents. Karena menurut berbagai artikel kesehatan, pada umumnya sariawan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu hingga dua minggu. Jadi tidak perlu harus segera diberikan obat atau langsung dibawa ke dokter.

Bagaimana meredakan nyeri sariawan pada anak? berikut beberapa alternatif pengobatan mandiri yang Parents dapat lakukan di rumah :

Hindari yang Dapat Memperparah Sariawan

Gunakan sedotan saat minum untuk mengurangi rasa sakit, konsumsi makanan yang lembut, hindari makanan terlalu asam, asin, pedas, dan minuman panas. Serta hindari menggunakan pasta gigi dengan bahan yang dapat memicu iritasi, contohnya Sodium Lauril Sulfat.

Ajak Anak Melakukan Hal Ini Untuk Mengurangi Sakit

  1. Berkumur dengan larutan garam atau baking soda dengan takaran kira-kira 1 sendok teh dan setengah cangkir air hangat.
  2. Kompres luka sariawan dengan air es dan handuk lembut untuk mengurangi nyeri dan peradangan
  3. Kompres luka sariawan dengan kantong teh celup bekas atau yang sudah dibasahi, diamkan selama beberapa menit. Senyawa tanin pada teh diyakini ada pada obat anti nyeri.
  4. Perbanyak minum air putih untuk mempercepat penyembuhan sariawan.

Berikan Obat Alami di Rumah

  1. Oleskan madu manuka pada area sariawan sebanyak 4x sehari. Madu manuka mengandung nutrisi alami yang bersifat anti bakteri dan anti radang.
  2. Banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin C, B, folat dan zat besi mempercepat penyembuhan sariawan.
  3. Berkumur dengan cuka apel, menurut Healthline, cuka apel dianggap sebagai obat alami untuk berbagai kondisi medis, termasuk sariawan. Berikan takaran satu sendok teh cuka apel dengan satu cangkir air.

Sariawan tak kunjung sembuh?

Jika rasa nyeri sariawan pada anak tak kunjung merada dan tidak ada tanda-tanda membaik, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih spesifik. Biasanya dokter akan memberikan resep obat pereda nyeri atau obat anti mikroba untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah infeksi sariawan.

Semoga lekas sembuh 🙂

SHARE IT

You May Also Like

Mengatasi Anak Tersedak

Mengatasi Anak Tersedak

kreasa.id - Dear Parents, siapa yang anak-anak di rumah pernah mengalami tersedak? Tersedak merupakan insiden yang dapat dialami oleh siapa saja tak terkecuali pada anak. Benda yang masuk ke dalam tenggorokan atau jalur pernapasan tidak boleh dianggap sepele karena...

Manfaat Mengunyah Makanan

Manfaat Mengunyah Makanan

kreasa.id - Kesehatan seluruh keluarga selalu menjadi hal penting untuk diperhatikan, apalagi saat pandemi ini. Kesehatan adalah modal utama setiap anggota keluarga agar tetap dapat beraktivitas dan tetap merasa bahagia.  Salah satunya adalah dengan menjaga...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *