Manfaat Membacakan Buku Pada Anak

by | Apr 23, 2021 | 0 comments

kreasa.id – Tak dapat dipungkiri, buku bacaan kini telah tergantikan oleh media digital. Hal ini tentunya menjadi tantangan berat bagi setiap orang tua untuk menumbuhkan minat serta kecintaan anak terhadap buku dan bacaan.

Terlebih saat pandemi, dimana mayoritas aktivitas bergantung pada gadget dan internet karena  dirasa memudahkan dan dapat diandalkan dalam menyediakan fasilitas belajar, bermain serta hiburan agar anak tetap nyaman berada di rumah. 

Kemudian pertanyaannya, bagaimana mengenalkan dan mendorong minat anak pada buku dan bacaan?

Ternyata menurut berbagai artikel, aktivitas membacakan buku bacaan yang disukai anak-anak adalah salah satu cara paling efektif untuk membangun ketertarikan mereka pada buku dan bacaan. 

Disebutkan juga menurut American Academy of Pediatrics, bahwa membacakan buku pada anak-anak adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan dapat mempererat hubungan yang terjalin antara orang tua dan anak serta membantu perkembangan keterampilan berbahasa yang anak miliki. 

Aktivitas ini tidak perlu menunggu sampai anak-anak mampu membaca atau masuk sekolah, karena mereka mengandalkan kemampuan mendengarkan. Kegiatan membacakan buku atau bacaan akan berdampak positif pada perkembangan kognitif anak.

Membaca untuk anak-anak juga bisa menjadi bagian dari rutinitas berkumpul bersama, sebagai hiburan yang menyenangkan dan hal yang dapat menenangkan sebelum mereka tidur. Eits, tidak cukup sampai disitu, menurut berbagai artikel aktivitas ini dapat memberikan berbagai manfaat untuk tumbuh kembang anak lho, jadi sayang jika dilewatkan.

Yuk Parents, simak berikut beberapa manfaat membacakan buku untuk anak-anak :

  • Membangun Kedekatan Hubungan dengan Anak

Meluangkan waktu untuk membacakan buku adalah aktivitas khusus dan istimewa bersama dengan anak-anak. Mary Ann Abrams, MD, Direktur Medis Reach Out and Read mengatakan bahwa “Suara anda akan memberikan ketenangan bagi anak.” Kegiatan rutin orang tua dan anak-anak dapat menciptakan hubungan yang erat dan dekat diantara keduanya.

  • Menumbuhkan Minat Membaca pada Anak

Be Ann Younker, Kepala Sekolah Battle Ground Middle School, Indiana, Amerika Serikat mengatakan bahwa “Mengajak anak-anak secara aktif terlibat dalam proses membaca membuat mereka berinteraksi dengan orang dewasa dan ini dikatakan sebagai kunci untuk menumbuhkan minat dalam membaca,”

  • Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Anak

Dengan mendengarkan buku bacaan, anak akan belajar mengenali kosa kata baru, berlatih bagaimana mengucapkannya, memahami tata bahasa yang digunakan ketika berbicara, sehingga secara tidak langsung kemampuan berbahasa dan berbicara pada anak akan meningkat.

  • Mendorong Kreativitas dan Kecerdasan Berpikir Anak

Melalui aktivitas mendengarkan dan membaca buku akan mendorong rasa ingin tahu, kreativitas dan imajinasi pada anak. Dan data National Center for Education Statistics di Amerika Serikat, menyebutkan bahwa anak-anak yang rajin dibacakan buku oleh orang tuanya memiliki kecenderungan menjadi pembaca yang baik dan pintar di sekolahnya. 

  • Melatih Daya Tangkap dan Daya Ingat Anak

Dengan mendengarkan buku bacaan, anak-anak belajar untuk fokus dan mengingat apa yang dibacakan atau diceritakan kepada mereka. Untuk melatih daya tangkap dan ingatan mereka, orang tua dapat memberikan pertanyaan seputar apa yang disampaikan. Cara ini juga dapat melatih respon anak terhadap apa yang didengar, ditangkap dan dipahaminya.

Mari budayakan anak-anak bersahabat dengan buku melalui aktivitas rutin membacakan buku sejak dini.

Semangat selalu Dear Parents 🙂

SHARE IT

You May Also Like

Cara Melatih Kesabaran Anak

Cara Melatih Kesabaran Anak

kreasa.id - Sebagai orang tua tentunya kita selalu berusaha untuk memberikan contoh dan mengajarkan anak-anak untuk memiliki energi positif yang dapat membantunya dalam menghadapi tantangan. Salah satunya adalah kesabaran. Kesabaran adalah kemampuan untuk...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *