Manfaat Mengunyah Makanan

by | Jun 14, 2021 | 0 comments

kreasa.id – Kesehatan seluruh keluarga selalu menjadi hal penting untuk diperhatikan, apalagi saat pandemi ini. Kesehatan adalah modal utama setiap anggota keluarga agar tetap dapat beraktivitas dan tetap merasa bahagia. 

Salah satunya adalah dengan menjaga kesehatan pencernaan, karena “You are what you eat”. Asupan makanan adalah energi yang sangat diperlukan tubuh, sehingga apa dan bagaimana kita makan menjadi faktor utama menjaga kesehatan tubuh.

Hal sederhana namun penting dan mungkin sering kita lupakan adalah mengunyah makanan. Berbagai studi menyatakan bahwa mengunyah makanan sebelum ditelan merupakan salah satu kunci dalam menjaga kesehatan pencernaan dan tubuh. 

Sering kita mendengar juga dari berbagai sumber kesehatan bahwa makanan itu harus dikunyah sebanyak 32 kali.

Mengapa demikian? simak berikut ini manfaat penting dari mengunyah makanan yang seringkali disepelekan.

  • Menjaga Berat Badan

Medical Daily menyebutkan bahwa makan secara perlahan secara efektif dapat menurunkan berat badan.Begitu Pula sebuah penelitian yang dimuat dalam BMJ Open menyebutkan bahwa mengubah kecepatan makan menjadi lebih lambat dapat menurunkan risiko obesitas sebesar 42 persen.

Dengan mengunyah makanan lebih lama, kalori yang diserap akan lebih sedikit sehingga berat badan tubuh tetap terjaga. Karena saat makan terlalu cepat, tubuh tidak diberikan kesempatan untuk memberitahu otak bahwa kita sudah merasa kenyang.

  • Menghindari Resiko Tersedak

Mengunyah adalah mengubah makanan yang kita makan menjadi lebih kecil dan halus. Hal ini dapat menghindari kita dari resiko tersedak, meringankan kerja sistem pencernaan (lambung & usus) dan akhirnya tubuh dapat menyerap nutrisi makanan dengan baik.

Makanan yang dikunyah dengan baik akan menjaga sistem pencernaan tetap prima.

  • Lebih Menikmati Makanan

Aktivitas mengunyah makanan adalah cara kita menikmati rasa makanan yang enak. Sehingga dapat dikatakan menikmati makanan dengan mengunyah lebih lama dapat menghilangkan stress dan menyenangkan suasana hati. Karena kita akan lebih menikmati rasa, tekstur dan wangi makanan yang saat itu dikonsumsi.

  • Baik Untuk Rahang dan Gigi

Mengunyah merupakan olahraga ringan yang baik untuk kekuatan dan kesehatan rahang serta gigi. Selain itu, dengan mengunyah secara perlahan akan menstimulasi produksi air liur, sehingga ikut meminimalkan risiko kekurangan air liur dan resiko keracunan karena air liur mengandung enzim pembunuh bakteri.

Ternyata banyak manfaat dari mengunyah makanan secara halus yang sering dianggap enteng. Yuk mulai kebiasaan baik dengan mengunyah makanan hingga halus demi kesehatan tubuh.

Semoga bermanfaat 🙂

SHARE IT

You May Also Like

Mengatasi Anak Tersedak

Mengatasi Anak Tersedak

kreasa.id - Dear Parents, siapa yang anak-anak di rumah pernah mengalami tersedak? Tersedak merupakan insiden yang dapat dialami oleh siapa saja tak terkecuali pada anak. Benda yang masuk ke dalam tenggorokan atau jalur pernapasan tidak boleh dianggap sepele karena...

Cegah Sariwan

Cegah Sariwan

kreasa.id - Sariawan merupakan nyeri pada mulut yang bisa dialami semua orang, tak terkecuali pada anak-anak. Perbedaannya adalah ketika sariawan terjadi pada anak maka sering kali mereka cenderung rewel, malas bicara, sulit menahan sakit bahkan hingga menurunnya...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *