Dana Pendidikan Anak

by | Dec 22, 2021 | 0 comments

kreasa.id – Mungkin ada diantara Parents yang kaget atau tidak siap menyekolahkan anaknya karena dana tidak mencukupi. Meskipun di banyak negara termasuk Indonesia menyediakan program pendidikan gratis kepada masyarakat, namun mempersiapkan biaya pendidikan anak tetap diperlukan untuk alternatif atau sebagai dana cadangan. 

Di situasi sosial dan ekonomi yang tidak pasti, proses menyiapkan dana pendidikan anak tidaklah mudah dan instant. Apalagi setiap orang tua menginginkan setiap anak dapat menempuh pendidikan hingga jenjang kuliah yang terbaik. Sehingga merencanakan biaya pendidikan anak sejak dini tetap perlu dipertimbangkan.

Berikut tips yang dapat membantu orang tua dalam merencanakan Dana Pendidikan Anak

  1. Diskusikan Sesuai Kemampuan

Sebelum menyiapkan dana pendidikan anak, diskusi dan sepakati dahulu kapan sebaiknya mulai merencanakan dana pendidikan anak. Sesuaikan dengan kemampuan, waktu dan pengeluaran penting lainnya. Jika pemasukan dikhawatirkan tidak mencukupi, siasati dengan mengurangi pos pengeluaran bulanan yang tidak diperlukan.

  1. Prediksi dan Hitung Kebutuhan

Parents harus memperkirakan biaya sekolah anak mulai jenjang TK, SD, SMP, SMA hingga bangku kuliah termasuk inflasi yang akan terjadi. Dalam praktiknya ada yang hanya merencanakan dan menghitung biaya masuk sekolah saja hingga menghitung semua komponen pendidikan yang diperlukan (seperti buku, seragam, les, dll). Rencanakan dan hitung sesuai dengan kemampuan dan sepakati.

  1. Menyeleksi dan Memilih Rencana Pendidikan

Sebelum menyimpan atau memilih produk investasi bagi dana pendidikan anak, identifikasi dan ukuran manfaat serta resiko dari masing-masing pilihan. Bandingkan dan teliti sebelum memilih untuk mengurangi kemungkinan resiko yang akan terjadi. Setiap pilihan atau produk memiliki keunggulan masing-masing.

Pilihan pos-pos yang dapat membantu merencanakan dana pendidikan anak

  • Tabungan pendidikan
  • Asuransi pendidikan
  • Investasi emas
  • Deposito
  1. Fokus Pada Tujuan Pendidikan Anak

Tetap usahakan menyekolahkan anak sesuai rencana dan dana pendidikan yang telah disusun. Ketika ada kondisi atau dana yang meleset maka segera lakukan penyesuaian. Lihat kembali poin pada nomor 1 untuk tetap konsisten hingga tercapai sesuai jadwal yang ditentukan.

Semangat mempersiapkan dana pendidikan anak, dear Parents!

SHARE IT

You May Also Like

Waspada Perilaku Konsumtif

Waspada Perilaku Konsumtif

kreasa.id - Pola kehidupan masyarakat pada umumnya telah beradaptasi dengan kondisi pandemi yang sampai saat ini belum berakhir. Memilih kegiatan yang aman menjadi prioritas, sehingga aktivitas digital atau berselancar di internet menjadi pilihan utama dan tak...

Tips Mengatur Keuangan Keluarga

Tips Mengatur Keuangan Keluarga

kreasa.id - Pandemi Covid-19 berdampak pada situasi ekonomi yang tidak menentu. Bagi sebagian besar masyarakat dan juga pelaku usaha di Indonesia, situasi ini menuntut kita untuk lebih pintar dan jeli dalam mengatur keuangan. Pemasukan yang mungkin berkurang mau tidak...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.