Tips Anak Belajar Bahasa Asing

by | Nov 9, 2022 | 0 comments

kreasa.id – Dear Parents, belajar bahasa asing seperti Bahasa Arab, Inggris, Prancis dan lain-lain bukanlah perkara yang mudah yaa. Perlu ada pembiasaan dan komitmen pada anak serta orang-orang di sekitarnya untuk terus mendukung agar semangat dalam berlatih.

Simak beberapa tips Kreasa berikut ini yang dapat Parents terapkan agar anak selalu semangat belajar bahasa asing ✨

 1. Mendengarkan Lagu

Pilihlah lagu anak-anak berbahasa asing untuk melatih berbicara dengan kosakata yang benar melalui apa yang mereka dengar.  Parents juga dapat membuat irama untuk mempermudah anak-anak mengucapkan atau melafalkan kosakata tersebut. Semakin menyenangkan lagu-lagu yang diputar, semakin bertambah semangat anak untuk mengikutinya.

2. Membaca Buku

Sediakan berbagai sumber bacaan dalam bahasa asing yang menarik perhatian dan meluangkan waktu bersama untuk membacanya. Melalui bacaan, anak-anak akan belajar mengenal tulisan, mengeja serta melafalkan setiap kata-kata yang ditemukan. Ajak anak untuk menuliskan kembali cerita yang sudah dibacanya sehingga kosakata semakin bertambah.

3. Membuat Catatan Kecil

Parents dapat membuat catatan kecil daftar kosakata yang digunakan sehari-hari, lalu mencetak dan menempelnya di tempat yang mudah dilihat anak-anak.  Melalui aktivitas tersebut mereka akan sering membacanya sehingga akan familiar dengan kosakata sehari-hari dalam bahasa asing.

4. Manfaatkan Permainan (Games)

Melatih berbahasa asing juga dapat dilakukan melalui berbagai permainan menarik seperti tebak-tebakan nama benda, hewan, angka dan sebagainya. Bermain word scramble juga tak kalah seru untuk menambah kosakata dan melatih menyusun kata-kata dalam bahasa asing.

5. Praktik Percakapan Sehari-hari

Ajak anak-anak berlatih percakapan di rumah dengan membuat jadwal rutin hari tertentu (misal akhir pekan) untuk mempraktikkan penggunaan bahasa asing. Parents dapat melibatkan seluruh anggota keluarga untuk wajib berbahasa asing dengan jadwal yang sudah ditentukan ketika berbicara di rumah. 

Gimana Parents, mudah dan menyenangkan bukan?

Yuk praktikkan di rumah supaya anak semakin semangat dalam berlatih bahasa asing 🙂

Tertarik dengan bahasa Arab, Inggris dan Prancis? 👩🏻‍🏫

Yuk, gabung bersama Alumni dan Murid Kreasa lainnya di sini! kamu bisa dapatkan ilmunya langsung dari Tutor profesional.

Info lengkap hubungi Admin WhatsApp 🙂

SHARE IT

You May Also Like

Tips Anak Betah di Rumah

Tips Anak Betah di Rumah

kreasa.id - Rumahku Istanaku.. Begitu ungkapan yang sering kita dengar jika dikaitkan dengan tempat tinggal bagi seseorang. Setidaknya hal tersebut adalah gambaran yang seharusnya muncul saat mendengar kata rumah, yakni nyaman, tenang, dan menyenangkan. Begitu juga...

Reward Pada Anak

Reward Pada Anak

kreasa.id - Dear Parents, memberikan reward atau hadiah pada anak sudah menjadi hal lumrah di kalangan orang tua. Hal yang paling sering dilakukan orang tua adalah di saat kenaikan kelas seperti sekarang jika si anak mendapatkan nilai yang memuaskan. Namun tahukah...

Anxiety Disorder

Anxiety Disorder

kreasa.id - Dear Parents, pernahkah memperhatikan anak-anak yang diselimuti rasa takut, khawatir, gelisah dan tidak percaya diri? jika iya jangan dianggap sepele ya Mom/Dad karena bisa jadi si Kecil memiliki kecenderungan Anxiety Disorder. Apa itu Anxiety Disorder?...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *