Tips Mengatur Keuangan Keluarga

by | Jun 7, 2021 | 0 comments

kreasa.id – Pandemi Covid-19 berdampak pada situasi ekonomi yang tidak menentu. Bagi sebagian besar masyarakat dan juga pelaku usaha di Indonesia, situasi ini menuntut kita untuk lebih pintar dan jeli dalam mengatur keuangan.

Pemasukan yang mungkin berkurang mau tidak mau memaksa kita untuk berpikir keras agar tetap dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga. Lalu bagaimana mengatur keuangan yang ideal agar pengeluaran tidak melebihi pemasukan yang diterima saat pandemi seperti ini?

Parents, yuk simak tips berikut mengenai cara mengelola keuangan keluarga di saat pandemi.

  • Buat Anggaran Harian, Mingguan dan Bulanan

Menyusun anggaran selalu menjadi bagian penting dalam mengatur keuangan. Sususn anggaran sesuai dengan jangka waktu penggunaannya, harian, mingguan dan bulanan. Anggaran yang disusun berdasarkan prioritas dan tenggat waktu pembayaran dapat memudahkan dalam menyiapkan dana yang dibutuhkan. Agar terhindar dari pengeluaran besar dan tidak terencana pastikan kita disiplin mematuhinya.

  • Lunasi Utang dan Jangan Berutang Lagi

Jika kita memiliki cukup cadangan kas, lunasi utang jangka pendek yang bersifat konsumtif dan berbunga. Karena utang berbunga yang tidak dilunasi dan terus berjalan akan memberatkan. Pastikan tidak berutang lagi karena hal ini akan mengganggu rencana keuangan Anda. Dengan catatan, pelunasan utang dapat dilakukan jika total jumlah utang per bulannya masih di bawah 35% dari total aset dan penghasilan Anda.

  • Simpan Dana Darurat  

Simpanan tetap penting dilakukan sebagai dana darurat. Sejatinya sangat sederhana, cukup menyisihkan 10% dari penghasilan yang Anda dapatkan per bulan secara rutin. Agar simpanan dapat dilakukan, sisihkan dahulu simpanan dana darurat tersebut baru kemudian kelola sisa pendapatan yang ada untuk keperluan lainnya. 

  • Manfaatkan Diskon dan Promo

Penawaran diskon dan promo dapat mengurangi biaya pengeluaran, namun pastikan kita bijak dalam penggunaanya atau tidak tergiur untuk memborong barang-barang dengan alasan harga murah. Selalu sesuaikan belanja dengan kebutuhan dan anggaran yang telah disusun di awal bulan agar tidak konsumtif dan over budget di akhir bulan nanti.

  • Mencari Tambahan Pemasukan

Secara umum ada dua cara untuk menghasilkan pendapatan tambahan yaitu membuka usaha sendiri atau memiliki pekerjaan sambilan. Usaha sendiri dapat dilakukan dengan berdagang atau usaha rental secara online maupun langsug. Jika Anda memiliki keahlian seperti photografi, desain, keuangan atau lainnya dapat membuka jasa layanan sesuai keahlian.

Semoga situasi pandemi segera berakhir dan ekonomi masyarakat dapat kembali normal.

Semangat selalu Dear Parents 🙂

SHARE IT

You May Also Like

No Results Found

The page you requested could not be found. Try refining your search, or use the navigation above to locate the post.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *